Kata Pengantar

Kami mengucapkan symama dengan pengemis 2ukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah membimbing Pondok Kasih dalam perjalanan pelayanannya kepada masyarakat prasejahtera dan yang termajinalkan.

Tuhan telah berkemurahan menyertai dan mencukupi segala kebutuhan untuk pelayanan kami dengan luar biasa. Tuhan sendiri telah mengembangkan pelayanan ini dimulai dengan memberi tempat bernaung bagi wanula, bayi-bayi serta anak-anak tertolak yang tidak memiliki keluarga. Pada waktu terjadi berbagai-bagai krisis yang menimpa bangsa kita dalam tahun- tahun 1996-2004 Pondok Kasih telah mengembangkan pelayanan kemanusiaannya untuk membantu komunitas-komunitas miskin.

Dimulai dengan pelayanan pada para pemulung di Tempat pembuangan sampah Keputih, pelayanan Pondok Kasih telah berkembang menjangkau kaum prasejahtera, anak-anak dan remaja di lebih dari 110 komunitas miskin dari 155 kelompok di Surabaya.

Waktu kami melayani mereka, kami menyadari bahwa mereka bukan saja membutuhkan sandang, pangan, dan papan namun mereka juga membutuhkan identitas dan hak sipil mereka. Kami memulai mengadakan Nikah Massal Terpadu bagi mereka tanpa membedakan golongan, status, ras dan agama sejak tahun 2001 untuk membantu mereka mendapatkan KTP, Akte Nikah dan Akte lahir bagi anak-anak mereka.

_MG_5191 kPada bulan Januari 2015 kami menyelenggarakan Nikah Massal 2015 untuk 5115 pasang di Jakarta yang terintegrasikan dalam Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Kami bersyukur bahwa setelah acara tersebut kami mendapatkan kepercayaan dari   Kementerian Sosial untuk menjadi Ketua Umum HKSN 2015 dimana program khususnya adalah pengurusan hak sipil bagi warganegara terutama kaum prasejahtera yang belum memilikinya yang merupakan bagian dari Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden. Puncak acara HKSN dilaksanakan di Kupang, NTT pada tanggal 22 Desember 2015. Diharapkan kegiatan yang sama dapat dilaksanakan di setiap propinsi sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat memiliki identitas mereka dan mendapatkan hak sipil untuk dapat menikmati seluruh fasilitas yang disediakan bagi mereka.

Kiranya keberadaan Pondok Kasih dapat membantu mengentaskan mereka dari kemiskinan dan dapat menikmati masa depan yang lebih baik.

Translate (other language) »