Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2016 Palangkaraya

Dalam HKSN(Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) tahun 2016, YPK kembali berpartisipasi bersama Pemerintah (Kementerian Sosial) dalam program Pemenuhan Hak Sipil, yaitu dalam kegiatan pengurusan KTP(Kartu Tanda Penduduk), Akta Nikah dan Akta Lahir bagi masyarakat yang belum memilikinya.

Tema HKSN 2016 adalah “Kerjasama menuju Indonesia Sejahtera”.

HKSN 2016 dilaksanakan secara nasional di 34 provinsi di Indonesia dan puncaknya dilaksanakan di kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

 

Menjelang acara puncak HKSN 2016, berbagai komponen organisasi seperti instansi pemerintah, yayasan, perusahaan, dll secara bersama-sama mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) pada tanggal 15– 19 Desember. Bakti Sosial tersebut di antaranya seperti pengobatan gratis, donor darah, sunat massal, pemberian nutrisi untuk anak-anak, kegiatan pendidikan non formal, dan pengurusan akta nikah serta akta lahir di beberapa daerah sebelum ke kota Palangkaraya.

YPK menjadi salah satu bagian integral dengan memberikan berbagai bantuan yaitu di antaranya:

  1. Pengobatan gratis melalui Mobil Sehat YPK dan tim dokter serta pemberian nutrisi gratis bersama-sama dengan Yayasan Tangan Pengharapan (YTP) untuk 2500 orang.
  2. Kegiatan Pendidikan Non Formal dengan Mobil Pintar YPK disertai dengan pembagian kotak hadiah kepada anak-anak.
  3. Pemenuhan Hak Sipil dalam pengurusan KTP, Akta Nikah, Akta Lahir bagi masyarakat yang membutuhkan, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Dukcapil, Dinas Sosial, Pengusaha dan akademisi yang didukung oleh Allianz (Jakarta), UBS Peduli (Surabaya) dan KOMPAK (Palangkaraya).

Kota-kota yang dilayani dalam Lintas Batas HKSN di antaranya adalah Kab. Kotawaringin Timur, Kab. Kotawaringin Barat, Kab. Seruyan, dan Kab. Katingan dengan acara puncak di kota Palangkaraya. Acara puncak dihadiri oleh Joko Widodo-Presiden RI, Khofifah Indar Parawansa-Menteri Sosial RI, gubernur-gubernur dari berbagai provinsi di Indonesia bersama walikota-walikota dan juga dimeriahkan oleh Ayu Ashari – artis Indonesia.

Translate (other language) »